PS Pendidikan Guru MI

Sertifikat Akreditasi PGMI UNISKA 2020-2025

Visi

Menghasilkan guru kelas MI/SD yang unggul ilmu dan keterampilan serta berkepribadian Islami hingga tahun 2030.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan guru kelas MI/SD yang berorientasi pada mutu dan ciri khas keislaman
  • Melakukan penelitian di bidang pendidikan dasar SD/MI yang mengintegrasikan sains dan Islam
  • Meningkatkan peran Program Studi dalam pengabdian kepada masyarakat
  • Melaksanakan jalinan kerjasama.

Tujuan

  • Menjadi program studi pendidikan guru kelas MI/SD yang berkualitas dan berciri khas keislaman
  • Menghasilkan penelitian bidang pendidikan Dasar MI/SD yang mengintegrasikan sains dan Islam
  • Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang pro-aktif dan solutif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar MI/SD
  • Memiliki jalinan kerjasama yang baik.

Gelar

Lulusan program studi PGMI jenjang Sarjana diberi gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I.).

Profil Utama

Profil utama lulusan PGMI adalah: “Menjadi guru kelas tingkat Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar yang berilmu, terampil dan berkepribadian Islami”.

Maksud Berilmu dalam profil tersebut berarti menguasai subtansi 5 mata pelajaran umum (Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan PKn), 5 mata pelajaran agama (Aqidah Akhlak, Quran Hadis, Fikih, SKI, dan Bahasa Arab), dan 3 mata pelajaran pengembangan diri (Penjaskes, Pramuka, dan Kesenian). Terampil adalah mampu melaksanakan tugas guru kelas SD/MI yang meliputi membuat perangkat pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran aktif, efektif, dan menyenangkan, melaksanakan evaluasi otentik, menghasilkan buku ajar MI/SD, memanfaatkan berbagai media dan teknologi pembelajaran yang sesuai, meneliti permasalahan pendidikan di MI/SD dan memahami manajemen administrasi dan supervisi pendidikan. Sedangkan berkepribadian Islami adalah kepribadian yang baik dan sopan serta taat pada agama Islam.

Profil Tambahan

Selain profil utama di atas, lulusan program studi ini juga memiliki profil tambahan yang relevan dengan kompetensi bidang keilmuannya, yaitu sebagai berikut:

  • Pengembang Media Pembelajaran untuk anak MI/SD
  • Tutor Lembaga Bimbingan Belajar untuk anak MI/SD

Kompetensi Inti

Adapun kompetensi inti yang harus dimiliki oleh mahasiswa/I PGMI adalah sebagai berikut:

  • Mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran dalam penyusunan perangkat, pelaksanakan dan evaluasi pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD berbasis teknologi informasi dan komunikasi
  • Mampu memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD
  • Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi terkait dengan dinamika sosial-budaya, ekonomi dan politik serta tantangan global dalam pelaksanaan tugas pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD
  • Menguasai teori, konsep dan landasan keilmuan pendidikan secara mendalam sebagai titik tolak dalam mengembangkan potensi keilmuan peserta didik untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan pada jenjang MI/SD
  • Menguasai substansi kajian keilmuan guru kelas MI/SD (bidang kajian PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS) secara luas, mendalam, dan mutakhir untuk membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan
  • Menguasai teori-teori pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD dan mampu memformulasikannya secara prosedural dalam pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD
  • Menguasai konsep integrasi keilmuan agama, sains dan keindonesiaan dalam pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD
  • Menguasai konsep kepemimpinan pendidikan dalam rangka menggerakkan dan mengendalikan pembudayaan, dan praktek untuk pembentukan perilaku akhlak mulia peserta didik di sekolah/madrasah.
  • Mampu mengambil keputusan yang tepat dan strategis dalam pembelajaran bidang Guru Kelas MI /SD berdasarkan analisis informasi dan data dan hasil penelitian yang relevan
  • Mampu memberikan petunjuk dan langkah-langkah berbagai pemecahan masalah bidang Guru Kelas MI/ SD secara mandiri dan kolektif untuk memperoleh hasil pembelajaran yang bermutu dan maksimal dalam pembentukan prilaku keagamaan peserta didik
  • Mampu memetakan wacana dan fenomena keagamaan serta isu-isu kontemporer dalam Pendidikan Guru Kelas MI/ SD untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif
  • Bertanggungjawab dan dapat diberi tanggungjawab terhadap pelaksanaan pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD yang efektif, produktif, bermakna, toleran dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan dalam masyarakat baik secara mandiri maupun dengan kemitraan
  • Mampu menyesuaikan diri secara tepat dalam menjalankan tugas pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD dengan dilandasi oleh kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia secara mandiri dan dengan percaya diri.

Website PGMI :http://www.pgmiuniska.com/

Kuesioner Tingkat Pemahaman terhadap Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Klik: http://www.pgmiuniska.com/2018/08/kuesioner-tingkat-pemahaman-terhadap.html

Kami mohon kepada Anda yang berperan sebagai Mahasiswa, Alumni, Dosen, Karyawan, dan Pengguna Lulusan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Studi Islam Uniska untuk sejenak mengisi kuesioner tentang tingkat pemahaman Saudara terhadap visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FSI Uniska MAB Banjarmasin. Klik tombol di bawah ini untuk mulai mengisi.

Sertifikat Akreditasi PGMI UNISKA 2017-2020