Apresiasi Karya Mahasiswa PGMI FSI: Pembuatan Kain Sasirangan

Berita

Sabtu, 12 Januari 2019, dilaksanakan pembuatan kain sasirangan di Aula PSB lantai 4 Gedung A Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari mata kuliah Budaya Daerah yang diampu oleh Bapak H. Abdul Hafiz, M.Pd.I. Sasirangan merupakan salah satu warisan budaya banjar yang tidak stagnan dan bisa menjadi sumber ekonomi kreatif. Kreasi-kreasi motif dalam pembuatan sasirangan mampu menarik perhatian konsumen. Oleh sebab itu kegiatan ini selain memberikan keterampilan dalam pembuatan sasirangan, juga sekalian untuk memperkenalkan sebuah peluang usaha bagi mereka nanti.

Turut hadir dalal acara ini Bapak Barsihanor (Kaprodi PGMI), Bapak H.Abdu Hafiz (WD III FSI), dan juga Ibu Galuh Nasrullah, KMR yang merupaka Dekan Fakultas Studi Islam yang juga sekaligus membuka kegiatan ini.

Setidaknya kegiatan ini bisa memantik motivasi mahasiswa untuk berkarya seperti rekannya terdahulu, yaitu Arwani Sulaiman yang pernah meraih Juara 1 dalam pembuatan kain sasirangan antar mahasiswa.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi PGMI semester V kelas Banjarmasin dan Banjarbaru. Keterlibatan beberapa mahasiswa yang pernah mengikuti pemilihan Nanang Galuh Kalsel, seperti Abdul Majid dan Qamaruzzaman membuat kreasi sasirangan semakin variatif.

 

Tinggalkan Balasan