Di Fakultas Studi Islam UNISKA, Mahasiswa dibekali Keterampilan Membuat Kain Sasisrangan

Berita

Tanggal 7 Januari 2020, bertempat di Martapura, yang juga dikenal dengan Kota Santri, mahasiswa PGMI semeter V Fakultas Studi Islam Universitas Islam Kalimantan melaksanakan praktek pembuatan kain sasirangan.

Kegiatan ini menjadi bagian dari praktek Mata Kuliah Kewirausahaan yang diampu oleh Bapak H.Abdul Hafiz yang juga merupakan Wakil Dekan III FSI dengan dibantu oleh mahasiswa FSI yang konsen pada usaha pembuatan sasiranganm yaitu M. Arsyad dan Taufik Rosyadi yang keduanya merupakan mahasiswa PGMI semester VII.

Kegiatan ini menjadi salah satu keterampilan ciri khas yang dimiliki oleh mahasiswa Fakultas Studi Islam UNISKA sebagai bentuk pelestarian budaya Banjar yaitu kain Sasirangan. Mahasiswa bisa membuat kreasi desain sesuai dengan keinginannya sehingga kain Sasirangan tidak lagi lekat dengan kain para “orang tua”, namun juga untuk kaum millenial. Hal ini terbukti dengan hadirnya baju kaos, masker, dan lain-lain yang bermotif sasirangan.

Pada kesempatan lain, mahasiswa juga mendapatkan pelatihan pembuatan sasirangan dari Qomaruddin, mahasiswa semester VII, yang juga pernah meraih prestasi pada Ajang Nanang-Galuh Banjar.

Tinggalkan Balasan