Upgrading Organisasi Kemahasiswaan FSI UNISKA 2021

Berita

Ahad, 19 September 2021, melalui aplikasi conference Zoom, Fakultas Studi Islam Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari menyelenggarakan Upgrading Organisasi Kemahasiswaan FSI UNISKA 2021 dengan tema “Softskills Character Building and Leadership Training”.

Kegiatan ini menghadirkan empat pembicara yang dikenal aktif dalam bidang keorganisasian yaitu Barsihanor M.Pd.I yang merupakan Dosen FSI UNISKA, Ryma Sofyan, S.Pd yang merupakan pengurus Ukhuwah Boarding School, M Irfan Islamy, M.Pd yang merupakan akademisi UIN Antasari, serta M Hafizh Ridha, SH yang merupakan wakil ketua DPD KNPI Kalsel. Keempat orang tersebut dikenal mempunyai pengalaman yang banyak dalam berorganisasi selama menjadi mahasiswa, bahkan hingga sekaran. Dan pengalaman dan kiat-kiat dalam berorganisasi yang perlu digali oleh Ormawa mahasiwa FSI UNISKa dari mereka.

Wakil Dekan III FSI UNISKA yang juga ketua panitia, H.Abdul Hafiz M.Pd.I menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai kegiatan refreshing serta mempererat hubungan antar pengurus. Kegiatan ini juga diharapkan meningkatkan kemampuan softskill dan hardskill pengurus dalam menjalankan roda organisasi serta meningkatkan kinerja Pengurus Ormawa FSI.

“Kami ingin organisasi kemahasiswaan di lingkungan Fakultas Studi Islam ini bisa terus berkembang pesat dan bisa lebih profesional, sehingga memberi manfaat bagi mahasiswa yang mengikutinya menjadi lebih berkarakter,” ungkapnya seperti yang dilansir Banuatoday.com.

Sementara itu, Dekan FSI UNISKA, Akhmad Hulaify SHI, MSI menyampaikan bahwa kegiatan webinar ini sangat positif karena memberikan manfaat yang baik untuk mahasiswa.

““Perbanyak pengalaman adalah cara mudah untuk mengaplikasikan sebuah teori atau pendapat”. ujar beliau.

Materi yang disampaikan oleh keempat pemateri pun sangat bagus dan berguna bagi kita seorang organisator. Inti dari ke empat pemateri tersebut menjelaskan bagaimana pembentukan karakter seorang pemimpin dalam berorganisasi, pembentukan karakter yang di inginkan adalah perubahan ke arah positif pada diri seseorang yang mengikuti organisasi karna tidak merugi bagi mahasiswa yang bergaul dalam organisasi karna dalam bangku perkuliahan hanya mendapat teori di organisasi lah seseorang mahasiswa dapat langsung mempraktekkan apa yang mereka miliki pak nadim pernah berkata organisasi itu seperti belajar ber renang di kolam renang ketika kita sudah terjun di masyarakat ibaratkan kita terjun ke laut jika kita belum belajar bareng di tempat yang dangkal maka akan kesusahan jika langsung berenang di laut lepas.

Ada beberapa tanggapan para peserta mengenai acara Upgrading ini,
“Menurut saya kegiatan Upgrading yang di lakukan tadi itu sangat bagus ya, karena dengan adanya kegiatan ini kita bisa meningkatkan kemampuan softskill dan hardskill pengurus dalam menjalankan roda organisasi serta meningkatkan kinerja Pengurus ormawa FSI itu sendiri. Apalagi tadi kita mendapat banyak ilmu baru dari pemateri-pemateri yang sangat luar biasa, sehingga itu mengembalikan semangat saya dalam berorganisasi yang sempat hilang, selain itu yang terpenting adalah penerapannya setelah kegiatan ini. Kita harus tetap semangat dan lebih terarah dalam menyelesaikan tanggung jawab bersama hingga akhir kepengurusan nanti” Ungkap Aiza Fahlivie selaku Ketua Umum HMP EKSYA

“Tanggapan saya mengenai Upgrading Ormawa FSI ini kita jadi mengetahui bagaimana pembentukan karakter pemimpin dalam berorganisasi, bagaimana cara menyelesaikan masalah di organisasi, bagaimana cara berkomunikasi dengan baik, dan bagaimana cara memanajerial organisasi dengan baik. Materi ini sudah disampaikan dengan jelas oleh 4 pemateri yang sangat luar biasa. Sesuai dengan namanya yaitu Upgrading Ormawa FSI semoga Ormawa FSI bisa melakukan perubahan/ pergerakan menjadi organisasi yang lebih baik lagi untuk ke depannya” Ungkap Laila Tazkiroh selaku Wakil Gubernur BEM FSI

“Tanggapan saya mengenai acara Upgrading Ormawa Fakultas Studi Islam ini adalah sebagai wadah bagi kita para organisator untuk menggali potensi, memperbanyak ilmu pengetahuan, wawasan, serta jiwa kepemimpinan yang berpegang teguh kepada kebersamaan. Di dalam organisasi, banyak hal yang mungkin tidak kita dapatkan di bangku perkuliahan. Salah satunya materi pada acara Upgrading ini, tentunya menjadi bekal untuk kita dalam menjalankan tugas berorganisasi baik untuk masa kini ataupun masa yang akan datang” Ungkap Rahma Salsabila selaku Sekretaris Umum HMP HES

Tanggapan saya, dari kegiatan upgrading ini saya termasuk salah satu orang yang beruntung dan berkesempatan mengikuti kegiatan yang luar biasa ini, kemudian acara ini di dukung oleh 4 orang pemateri yang handal dan perpengalaman di dalam berorganisasi. Begitu banyak ilmu yang saya dapat dari kegiatan ini, mulai dari proses karakter, manajemen konflik, berkomunikasi yang baik dan benar. Semua materi yang di sampaikan oleh pemateri semua tadi sangatlah penting bagi seorang organisator sebagai bekal dalam berorganisasi. Mudah-mudahan ilmu yang saya dapat dari kegiatan upgrading ini bermanfaat dan mampu saya aplikasikan dalam organisasi yang saya ikuti, sehingga menjadi orang yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain “Ungkap Muzaki Fikri selaku anggota divisi minat bakat HMPS PGMI”

Pesan dan kesan untuk kegiatan ini sungguh beruntung di pertemukan dengan orang orang hebat semoga Ulun bisa seperti beliau kalo bisa lebih dari pada beliau. Dari segi penyampaian materi, kalimat, gaya bahaya dan contoh dari pemaparan beliau mudah di pahami dan sangat bermanfaat untuk bekal di organisasi “Ungkap Nor Ainah selaku Sekretaris 1 HMPS PGMI”.