Pengabdian Masyarakat Jilid II BEM FSI UNISKA 2022: Bersama Masyarakat Mengembangkan Pengetahuan, Kreativitas, dan Wirausaha Milenial

Berita

BEM Fakultas Studi Islam melaksanakan Pengabdian Masyarakat Jilid II di Desa Belangian, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar selama 4 hari, yaitu dari tanggal 18-21 Januari 2022. Tujuan Pengabdian Masyarakat Jilid II adalah sebagai bahan evaluasi dari Pengabdian Masyarakat Jilid I yang kemarin juga sudah dilaksanakan di desa ini, sehingga hasil dari evaluasi tersebut bisa direalisasikan untuk kepengurusan BEM selanjutnya.

Sebelum keberangkatan, BEM Fakultas Studi Islam dilepas oleh Wakil Dekan II Ibu Zakiyah, SS., M.SI, Wakil Dekan III Bapak H. Abdul Hafiz, M. Pd.I, dan Bapak Abdul Wahab, SEI., M.SI.

Sesampai di desa Belangian kegiatan pertama dimulai dari acara pembukaan dengan Kepala Desa Belangian, Karang Taruna, dan warga. Dilanjutkan dengan edukasi bercocok tanam dengan warga, membersihkan lingkungan sekitar, membagikan angket evaluasi ke rumah-rumah warga, membagikan snack kepada anak-anak, dan terakhir penutupan sekaligus bakar-bakaran dengan Karang Taruna.

Warga Desa Belangian menyambut kedatangan BEM FSI untuk kedua kalinya dengan sangat baik. Bahkan dari hasil evaluasi Pengabdian Masyarakat Jilid I sudah bisa dikatakan berhasil karena BEM FSI menjadi yang pertama memperkenalkan pembuatan kain sasirangan sehingga mereka tertarik dan berlanjut ingin mempelajari lebih dalam. Desa Belangian selain menjadi Tempat Wisata, sekarang juga menjadi Kampung Sasirangan, namun belum berani untuk menjualnya ke luar. Oleh sebab itu dari angket yang sudah dibagikan ada beberapa saran kegiatan dari warga yang InsyaAllah akan dilanjutkan oleh kepengurusan selanjutnya agar tercapainya Desa Belangian yang semakin maju untuk kedepannya. (Ditulis oleh: Laila Tazkiroh, Anggota BEM FSI, mahasiswi PGMI UNISKA)