KKN Tematik Civitas Fakultas Studi Islam UNISKA 2022 Di Desa Lawahan

Berita

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022 bertempat di Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar. Terdapat 12 desa yang ada di kecamatan tersebut. Salah satunya adalah Desa Lawahan.

Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Zakiyah, SS, MSI yang merupakan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) di kelompok 27 yang mengabdi di desa tersebut, bahwa jenis program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa bimbingan beliau terbagi kepada 3, yaitu proker keislaman, pendidikan, dan proker tematik yang menyangkut hal yang diperlukan oleh masyarakat sasaran.

Adapun pada bidang keislaman, program kerja yang dilakukan adalah pembenahan tempat ibadah seperti mushalla dan penyediaan fasilitas di dalamnya seperti mushaf Qur’an dan lainnya. Adapun pada bidang pendidikan yaitu dengan mengadakan program Belajar Sambil Bermain, lomba di TPQ dan PAUD. Selain itu, diadakan pula pelatihan pembuatan Kue Lumpur Surga bagi ibu-ibu untuk meningkatkan kompeteni ibu-ibu rumah tangga sehingga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Kelompok ini juga membenahi fasilitas di Desa Lawahan seperti Pemasangan plang TK dan PAUD, plang batas RT, dan Plang penunjuk arah jalan.