Pelaksanaan MTQ Mahasiswa UNISKA 2022 Berlangsung Meriah

Berita

Bertepatan pada 13 April 2022 atau 11 Ramadhan 1443 H, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari kembali mengadakan Musabaqah Tilawatil Qur’an untuk Mahasiswa.

MTQ Mahasiswa UNISKA ini menyelenggarakan beberapa cabang lomba, yaitu:

– Musabaqah Tilawatil Qur’an
– Musabaqah Tartil Qur’an
– Musabaqah Syarhil Qur’an
– Hifzul Qur’an 5-10 Juz
– Hifzul Qur’an 20-30 Juz
– Khattil Qur’an (Dekorasi)
– Khattil Qur’an (Kontemporer)

Kegiatan bertempat di 3 ruangan, yaitu di Mesjid Gusti Abdul Muiz untuk lomba Tilawah dan Tahfidzh, Ruang Seminar Fakultas Hukum untuk lomba Pidato dan Tartil, serta ruang kelas Fakultas Studi Islam untuk lomba Kaligrafi. Pada tahun ini kegiatan lomba meriah karena ditambah dengan lomba Syarhil Qur’an atau pidato, bahkan peminatnya tergolong banyak karena melebihi dari peserta lomba lain.

Wakil Rektor III UNISKA, Bapak Idzani Muttaqin sangat menyambut baik kegiatan ini. Beliau mengisyaratkan bahwa mahasiswa UNISKA juga harus mengakomodir bakat mahasiswa di bidang seni-baca Al-Qur’an. Dan momen ramadhan merupakan momen yang tepat untuk kegiatan tersebut.

Ketua Badan Pembina Yayasan, Ibu Hj. Rahmi Tajudinnor dalam sambutannya sangat mendukung kegiatan ini, karena belajar tentang Al-Qur’an menjadi salah satu bidang yang menjadi ciri khas UNISKA seperti yang termuat dalam kurikulum di setiap program studi di UNISKA.

H.Abdul Hafiz selaku ketua panitia berharap bahwa kegiatan ini memotivasi mahasiswa agar mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan ini pada tahun berikutnya, karena melalui kegiatan akan terpilih mahasiswa yang mewakili UNISKA ke ajang Nasional.

Adapun yang menjadi juri pada kegiatan ini sebagian besar adalah Dosen Fakultas Studi Islam UNISKA, seperti Ibu Dr.Galuh Nashrullah, KMR, M.Ag dan Bapak Barsihanor yang menjadi juri pada lomba Pidato. Bapak Iman Setya Budi yang menjadi juri Kaligrafi. Dan Bapak Muhammad Iqbal Ansari yang menjadi juri pada lomba Tahfidzh.