Dosen PGMI UNISKA Adakan Pendampingan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menangani Kesulitan Belajar MTK MI/SD di Barito Kuala

Berita

Dosen PGMI UNISKA, M. Fahmi Arifin, S.Pd.I, M.Pd dan H. Abdul Hafiz,M.Pd.I mengadakan Pendampingan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menangani Kesulitan Belajar MTK MI/SD di Barito Kuala. Kedua dosen tersebut dibantu oleh 3 mahasiswa yaitu Muzaki Fikri, Ikbal Maulana dan Alamudin Haqi.

Pelatihan dan pendampingan sebagai upaya meningkatan kompetensi guru dalam menangani kesulitan pada pembelajaran matematika MI/SD di Barito Kuala merupakan manifestasi dari Pengabdian Dosen kepada masyarakat, di SDN Kolam Kiri Kecamatan Wanaraya. Sasaran pada Pengabdian ini adalah Guru SD/MI yang mengajar mata pelajaran Matematika di MI/SD di wilayah Barito Kuala. Tujuan pada pengabdian ini adalah pertama, membantu guru terampil dalam menemukan permasalahan yang sebenarnya sedang dihadapi Guru dalam mengajarkan Matematika di SD/MI dan kedua, agar guru terampil dalam menemukan dan memilih solusi yang dapat diberikan dalam menangani berbagai kesulitan Guru dalam Pembelajaran Matematika tersebut. Dengan dilakukan pelatihan dan pendampingan ini diharapkan agar Guru Matematika di SD/MI akan semakin terampil dan cerdas dalam menghadai permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran Matematika di MI/SD sehingga perannya sebagai Pendidik yang mengajar mata pelajaran Matematika di SD/MI dapat dilaksanakan secara optimal. Berdasarkan kegiatan pengadian tersebut permasalahan yang dihadapi mitra yaitu; a) Kompetensi yang dimiliki Guru belum optimal, b) ketersdiaan sumber ajar, c) kurangnya motivasi belajar siswa, d) anak belum sepenuhnya memahami konsep dasar matematika, e) adanya siswa yang memiliki perilaku khusus, f) ketersediaan media pembelajaran, g) anak sering lupa dengan materi yang telah dipelajari pada pertemuan yang lalu, h) penerapan metode pembelajaran yang kurang maksimal diikuti siswa, i) peralihan dari kurikulum sebelumnya ke kurikulum yang baru. Solusi yang ditawarkan setelah kegiatan pengabdian ini adalah; a) Guru perlu terus mengupdate ilmu pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki, b). penambahan jam belajar bagi peserta didik yang mengalami keterlambatan dalam memahami materi pembelajaran (slowlearner), c) memaksimalkan penggunaan media pembelajaran yang menarik dan berfariasi sesuai kebutuhan siswa, d) Pemilihan metode yang menarik dan menyenangkan, e) melibatkan siswa secara aktif dan interaktif dalam pembelajaran, e) menanamkan kepada peserta didik bahwa belajar Matematika sebagai Habituasi tidak hanya di sekolah tetapi juga di rumah, f) Membina kerjasama yang baik antara Sekolah, Orangtua/keluarga dan Masyarakat, g) membina kerjasama antara Pembina Sekolah, KKG dan Dosesn di Lingkungan Perguruan Tinggi. Berdasarkan evaluasi dan refelksi yang dilakukan, kegiatan ini sangat membawa manfaat bagi guru, baik dari segi pola pikir yang dimiliki Guru, Kompetensi, Motivasi Mengajar dan lain-lain yang dimiliki guru setelah mengikuti kegiatan ini.