Pada 14 Mei 2024, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin menggelar rapat evaluasi terkait aspek luaran dharma pendidikan, dengan tujuan utama untuk memperkuat kualitas dan relevansi lulusan. Rapat ini dihadiri oleh seluruh dosen PGMI dan dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) PGMI, Sari Kumala, S.Pd.I, M.Pd. Dalam rapat tersebut, berbagai indikator keberhasilan program studi dibahas secara komprehensif, antara lain Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan, prestasi mahasiswa di bidang akademik dan non-akademik, masa studi, tingkat kelulusan tepat waktu, serta keberhasilan studi mahasiswa.
Salah satu agenda utama dalam rapat ini adalah membahas pentingnya pelacakan lulusan melalui Tracer Study untuk mengetahui tingkat keberhasilan mahasiswa setelah lulus, termasuk waktu tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan dan relevansi bidang pekerjaan dengan kompetensi yang diperoleh selama masa studi. Selain itu, tingkat kepuasan pengguna lulusan, seperti lembaga pendidikan, sekolah, dan tempat kerja lainnya, juga menjadi bahan diskusi utama untuk memastikan bahwa lulusan PGMI UNISKA benar-benar memenuhi harapan dan kebutuhan dunia pendidikan.
Keberhasilan mahasiswa PGMI UNISKA juga semakin terlihat dengan prestasi yang diraih, termasuk pencapaian di tingkat internasional. Mahasiswa PGMI tidak hanya unggul dalam kompetisi akademik, tetapi juga meraih prestasi di bidang non-akademik di berbagai ajang internasional. Prestasi ini menjadi bukti bahwa program studi PGMI mampu menghasilkan mahasiswa yang tidak hanya kompeten, tetapi juga mampu bersaing di tingkat global.
Selain itu, program studi PGMI juga menyoroti perkembangan penelitian dosen yang telah mencapai tingkat internasional. Dosen-dosen PGMI UNISKA secara aktif terlibat dalam penelitian yang berkualitas dan memiliki dampak signifikan di bidang pendidikan, baik secara nasional maupun internasional. Penelitian-penelitian tersebut berfokus pada pengembangan metode pembelajaran, peningkatan kualitas pendidikan dasar, dan penerapan nilai-nilai keislaman dalam pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman.
Dalam rapat ini, para dosen dan Kaprodi PGMI UNISKA juga memberikan perhatian khusus pada penguatan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan pendidikan terkini. Ditekankan bahwa lulusan PGMI tidak hanya harus menguasai ilmu pendidikan dasar yang baik, tetapi juga memiliki keterampilan pedagogik yang mumpuni dan mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah. Oleh karena itu, penting untuk terus memperbarui materi dan metode pembelajaran agar relevan dengan perkembangan zaman dan tuntutan dunia kerja.
Selain itu, pengembangan kompetensi dosen menjadi fokus pembahasan, karena para dosen yang berkualitas adalah kunci utama dalam mencetak calon guru yang berkompeten. Upaya peningkatan akreditasi dan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan juga menjadi bagian dari langkah strategis untuk meningkatkan kualitas program studi PGMI UNISKA.
Melalui rapat ini, disepakati bahwa program studi PGMI akan segera melakukan revisi terhadap visi dan tujuan pendidikan yang ada, serta merumuskan langkah-langkah konkret untuk memajukan program studi. Revisi tersebut akan menjadi dasar perencanaan jangka panjang yang lebih terstruktur dan terarah dalam rangka menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki karakter, keterampilan, dan kemampuan adaptasi yang tinggi sesuai dengan perkembangan zaman.
Dengan komitmen dan kerja sama yang solid antar dosen, mahasiswa, dan pihak terkait lainnya, PGMI UNISKA diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia pendidikan, mampu beradaptasi dengan dinamika masyarakat, dan berkontribusi dalam menciptakan generasi penerus yang berkualitas.