Mahasiswi FSI mewakili UNISKA MAB pada ajang PILMAPRES Tingkat Kopertis XI tahun 2018

Berita Web Ekonomi Syariah Web Hukum Ekonomi Syariah Web Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemeristekdikti kembali akan melaksanakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tahun 2018 yang  terdiri atas  2 (dua) Kategori yaitu Program Sarjana dan Program Diploma. Sehubungan dengan hal tersebut, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari mengadakan Seleksi Tingkat Perguruan Tinggi untuk mewakili UNISKA MAB dalam Seleksi Tingkat Wilayah, yaitu Kopertis Tingkat XI. Dan jika memenangkan seleksi pada tingkat ini, maka pemenang berhak dikirim untuk Seleksi Tingkat Nasional pada tanggal 10 s.d. 12 Juli 2018. Pendaftaran Seleksi Tingkat Nasional dilakukan pada tanggal 5 s.d. 19 April 2018.

Firdha Ariyanti, Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah, akhirnya terpilih sebagai mahasiswa yang mewakili UNISKA MAB ke Seleksi Tingkat Wilayah. Gadis kecil mungil nan lincah ini terpilih mewakili UNISKA setelah berhasil melewati berbagai tahapan, terutama tahapan tes kemampuan akademik.

Foto: Bersama Dekan FSI, Ibu Galuh Nasrullah, dan bersama pemenang lainnya dari Prodi HES dan Prodi PGMI

Pemilihan Siswa Berprestasi  adalah pemberian penghargaan kepada mahasiswa yang telah berhasil mencapai prestasi terbaik, yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan pendidikan Tinggi setiap tahun  sebagai upaya pemberian penghargaan atas prestasi tertinggi mahasiswa dan sekaligus cerminan kualitas pembinaan kemahasiswaan di perguruan tingginya.

Adapun persyaratan umum untuk mengikuti Pilmapres : merupakan Warga Negara Republik Indonesia, Terdaftar di PD-Dikti dan aktif sebagai mahasiswa program Diploma maksimal semester VI dan pada saat Pilmapres di tingkat nasional belum dinyatakan lulus yang dibuktikan dengan surat pernyataan dari Pimpinan Perguruan Tinggi bahwa yang bersangkutan masih berstatus mahasiswa dan belum dinyatakan lulus, Peserta berusia tidak lebih dari 22 tahun yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) , Indeks Prestasi Kumulatif (IP seluruh matakuliah yang lulus) rata-rata minimal 3,00, Surat Pengantar dari pemimpin perguruan tinggi bidang kemahasiswaan (Wakil Rektor/Ketua/Direktur) yang menyatakan bahwa mahasiswa yang diusulkan adalah pemenang pertama hasil seleksi perguruan tinggi yang bersangkutan, apabila pemenang pertama berhalangan dapat digantikan pemenang berikutnya, belum pernah menjadi finalis Pilmapres tingkat nasional pada tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu ada juga persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh peserta Pilmapres, yang akan dinilai oleh tim juri sesuai dengan prestasi calon Mapres, yaitu: Rekapitulasi Indeks Prestasi per semester, karya tulis yang ditulis dalam Bahasa Indonesia baku. ringkasan karya tulis(bukan abstrak) yang ditulis dalam bahasaI nggris, video presentasi oral dalam bahasa Inggris berdurasi maksimal 5 (lima) menit terkait karya ilmiah, dan menyampaikan maksimum 10 (sepuluh) pencapaian/prestasi yang diunggulkan, dilengkapi dengan dokumen pendukung sebagai bukti.

Foto: bersama Wakil Dekan III Fakultas Studi Islam, Bapak H.Abdul Hafiz setelah pemberian penghargaan di Kopertis XI

Tujuan Pilmapres

Tujuan pemilihan Mahasiswa Berprestasi adalah  memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi tinggi dalam kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler sebagai wahana menyinergikan hard skills dan soft skills mahasiswa, dan mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan budaya akademik yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinambungan.

Mahasiswa berprestasi tingkat nasional akan mendapat Piagam Penghargaan dan penghargaan lainnya dari Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Selain penghargaan tersebut, Mapres terpilih juga mendapat prioritas untuk difasilitasi di berbagai program kemahasiswaan seperti beasiswa, seminar di luar negeri dan sejenis.*

 

Tinggalkan Balasan