Paman Birin Membuka Festival Maulid Habsyi UNISKA

Berita Kegiatan Web Program Studi

Banjarbaru, 16-18 April 2018, tepatnya di area Stadion Mini Haji Idak, Badan Persatuan Mahasiswa (BPM) UNISKA Banjarbaru dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Studi Islam menyelenggarakan Festival Maulid Habsyi yang diikuti oleh 38 grup dari berbagai daerah, termasuk grup dari daerah Kapuas, Kalimantan Tengah.

Para panitia siang dan malam mempersiapkan acara. Bahkan terdapat panitia yang pulang-pergi BJM-BJB untuk membantu terlaksananya kegiatan tersebut.

Namun semua jerih payah itu terobati ketika Gubernur Kalsel, H. Sahbirin atau lebih dikenal dengan Paman Birin, menyempatkan datang ke acara tersebut di sela-sela kesibukannya yang sangat padat. Bahkan beliau memberikan bantuan dana berupa hadiah uang tunai untuk pemenang festival tersebut.

Foto: Gubernur Kalsel, Bapak Sahbirin Noor ketika memberikan sambutan sekaligus membuka acara

Awalnya panitia menyangsikan beliau bisa hadir karena dirasa acara tersebut tidak terlalu meriah jika dibandingkan dengan acara-acara besar yang lain. Namun ternyata dengan kerendahan hati, Gubernur berrsedia menghadirinya.

Berkat kehadiran Gubernur, acara ini semakin meriah. Berdasarkan hasil laporan panitia, setiap hari hampir 500 buah sepeda motor yang datang untuk menyaksikan perlombaan. Diperkirakan ribuan penonton yang hadir untuk menyaksikan pertunjukan.

Masing-masing grup peserta tampil di atas panggung dengan menggunakan kostum terbaik mereka, karena selain penilaian penampilan membawakan syair maulid, juga terdapat penilaian kostum grup terbaik. Perlombaan ini trebagi kepaa kategori grup putera dan puteri.

Pada malam terakhir, yaitu pada tanggal 18 April 2018, acara ditutup dengan menghadirkan pertunjukan Madihin yang dibawakan oleh mahasiswa PGMI Uniska yang bernama Sam’ani. Dalam kata-kata madih-nya, Abang Sem (panggilan Sam’ani) menyanjung Wakil Dekan III FSI, Bapak H. Abdul Hafiz, dan Kaprodi PGMI, Bapak Barsihanor. Tidak ketinggalan pula Abang Sem menyanjung Ketua Pengelola Uniska Banjarbaru, Bapak Ilmi Hidayat, dengan sedikit bercanda sehingga menyunggingkan senyum dan tawa para penonton.

Foto: Kiri-Kanan: Bapak H.Abdul Hafiz, Bapak Barsihanor, dan Bapak Ilmi Hidayat.

Bapak H.Abdul Hafiz berharap dengan kegiatan ini, seni membawakan syair ini akan semakin diminati oleh generasi muda di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Selain itu beliau juga berharap bahwa Uniska semakin dikenal dan menjadi pilihan para pelajar untuk melanjutkan studi mereka di jenjang perguruan tinggi, terutama di Fakultas Studi Islam yang memiliki 3 progrma studi, yaitu Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Ekonomi Syariah, dan Hukum Ekonomi Syari’ah yang sudah terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional¬† Perguruan Tinggi (BAN PT).

Berikut adalah daftar para juara lomba Festival Maulid Habsyi yang diadakan oleh BPM dan HMPS PGMI UNISKA.

Kategori Grup Putera:

Juara 1 : Grup Miftahurrahman dari Kurau, Kab. Tanah Laut

Juara 2 : Grup Al-Madadurrosul dari Karang Putih, Martapura

Juara 3 : Grup Al-Munsyid dari Pesayangan, Martapura

Kategori Grup Puteri:

Juara 1: Grup As-Sajidah dari Pulau Swangi Kec. Alalak

Juara 2: Grup Zahratul Ghina dari Loktabat Kota Banjarbaru

Juara 3: Grup Al-Barokah Puteri Kota Banjarbaru

Kategori Foto Terheboh: Mahabbatul Qolbi dari Kota Banjarmasin

Kostum Terbaik Putera: Babul Musawa

Kostum Terbaik Puteri: As-Syifa An-Najwa dari Kec. Pengaron

Vokal Terbaik Putera: Ar-Rahman dari Landasan Ulin

Vokal Terbaik Puteri: Hidayatul Habibah dari Jalan Keraton Tengah, Kota Martapura

Aransemen Terbaik Putera: Qurrata A’yun dari Kapuas, Kal-Teng

Vokal Terbaik Puteri: Raqilla dari Kapuas Kal-Teng

 

Tinggalkan Balasan