Fakultas Studi Islam (FSI) Juara Umum MTQ Antar Mahasiswa UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari 2018

Berita Web Ekonomi Syariah Web Hukum Ekonomi Syariah Web Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Web Program Studi
Ay0 daftar di Fakultas Studi Islam Uniska
Terdapat 3 Jurusan yang telah treakreditasi BAN-PT:
Hukum Ekonomi Syariah (Gelar S.H)
Ekonomi Syariah (Gelar S.E)
Pendidikan Guru MI (Gelar S.Pd)
Link pendaftaran pmb.uniska.ac.id

Pada tanggal 22 Ramadhan 1439H, bertepatan dengan 7 Juni 2018, telah dilaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur’an Antar Mahasiswa UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari yang memperlombakan cabang Tilawah, Tartil, Tahfizh 5 Juz dan 10 Juz.

Kegiatan ini terselenggara untuk merealisasikan tujuan Pendidikan Nasional, sebagaimana tercantum dalam Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), adalah untuk mencetak manusia Indonesia yang berilmu pengetahuan, beriman, bertakwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, disiplin, sehat jasmani dan ruhani.

Mahasiswa sebagai agen perubahan tidak hanya harus tinggi nilai akademiknya, namun juga tinggi nilai perilaku serta spiritualnya. Mahasiswa yang ideal adalah mahasiswa yang luas keilmuannya, dalam  spiritualnya, luhur akhlaknya, dan matang keprofesionalannya. Sebagaimana tujuan dari UNISKA, sebagai perguruan tinggi yang mengintegrasikan proses ilmiyah dan amaliyah, harmonisasi antara sains dan agama.

Dalam sambutannya, Rektor UNISKA, Bapak Abdul Malik, Ph.D, yang didampingi oleh Bapak Dr. Jarkawi (WR I) dan Bapak Dr.Idzani Muttaqin (WR III), beliau mengutarakan bahwa seyogyanya seorang mahasiswa muslim, yang belajar di Perguruan Tinggi Islam untuk meningkatkan kompetensinya dalam bidang Al-Qur’an. Oleh sebab itu untuk memicu motivasi mahasiswa, maka dilaksanakan MTQ Antar Mahasiswa. Prestasi yang diraih itu hanya sebuah efek dari berkah Al-Qur’an, intinya adalah adalah ibadah dan syiar, ujar beliau.

Para dewan hakim MTQ Antar Mahasiswa UNISKA ini diisi oleh Bapak Dr. Saifullah Abdus Samad (Pascasarjana&HES UNISKA), Bapak Dr. Suherman (FKIP UNISKA), Bapak M. Iqbal Ansari, M.Pd.I (FSI UNISKA), Bapak Rusdiansyah, M.Pd.I (ULM) dan dibantu oleh saudara Riswandi, S.Pd.

Dari kiri-kanan: Bapak M.Iqbal Ansari (FSI), Bapak Rusdiansyah (ULM), dan Abdul Hafiz (WD III FSI)

Para Dewan Hakim

Salah seorang anggota panitia pelaksana, yaitu Bapak H.Abdul Hafiz, M.Pd.I menjelaskan bahwa MTQ ini dilakasanakan pada bulan ini agar semakin menyemarakkan bulan Ramadhan sebagai bulan turunnya Al-Qur’an Al-Karim. Beliau berharap, mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam seni membaca Al-Qur’an atau yang hafal Al-Qur’an, tidak perlu malu-malu untuk tampil. Pihak Yayasan UNISKA sangat mendukung dengan kegiatan ini. Hal ini terbukti dengan pemberian apresiasi berupa uang pembinaan yang besar yang diberikan kepada para pemenang MTQ Antar Kampus ini. Jadi sangat rugi kalau tidak mengikuti setiap kompetisi atau perlombaan yang diadakan oleh UNISKA. Permasalahannya kata beliau, bahwa sebagian mahasiswa enggan atau malu untuk menunjukkan bakatnya, padahal dia mempunyai potensi. Oleh sebab, tujuan kegiatan MTQ ini, para mahasiswa semakin terpacu untuk menunjukkan kemampuan atau meningkatkan kemampuannya dalam bidang Al-Qur’an.

Acara MTQ Antar Mahasiswa ini ditutup dengan pengumuman para juara yang jika dikategorikan ke dalam golongan putera-puteri adalah sebagai berikut:

Cabang TIlawatil Qur’an:

  1. Saufian Badali (PGMI/FSI)
  2. M. Fikri Fauzan (EKSYA/FSI)
  3. Reza Fatahuddin (PGMI/FSI)

Cabang Tahfizh 10 Juz:

  1. Saroh Khiyaroti (PGMI/FSI)

Pemberian hadiah oleh Bapak Idzani Muttaqin (WR III) kepada Saroh Khiyaroti sebagai Juara 1 cabang Tahfizh 10 Juz

Cabang Tartil Putera:

  1. Kasyful Anwar
  2. M. Maulana (PGMI/FSI)
  3. Fikri Fauzan(EKSYA/FSI)

Cabang Tartil Puteri:

  1. Noor Jannah (PGMI/FSI)
  2. Nor Patni (EKSYA/FSI)
  3. Noor Hayati (PGMI/FSI)

Fakultas Studi Islam memperoleh juara umum setelah 2 wakilnya meraih juara 1, yaitu Saufian Badali pada cabang Tilawah dan Saroh Khiyaroti pada cabang Tahfizh 10 Juz. Kedua mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Dekan FSI, Ibu Galuh Nasrullah, mengharapkan dengan prestasi yang diraih oleh wakil FSI akan semakin memicu mahasiswa yang lain untuk ikut berkontribusi mengharumkan nama fakultas melalui kompetisi-kompetisi yang diadakan oleh pihak UNISKA, maupun pihak luar.

Rangkaian acara penutupan MTQ Antar Mahasiswa UNISKA MAB ditutup dengan foto bersama dan azan ashar.

Ay0 daftar di Fakultas Studi Islam Uniska
Terdapat 3 Jurusan yang telah treakreditasi BAN-PT:
Hukum Ekonomi Syariah (Gelar S.H)
Ekonomi Syariah (Gelar S.E)
Pendidikan Guru MI (Gelar S.Pd)
Link pendaftaran pmb.uniska.ac.id

1 thought on “Fakultas Studi Islam (FSI) Juara Umum MTQ Antar Mahasiswa UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari 2018

Tinggalkan Balasan